Bacaan Sujud Tilawah Lengkap Arab Latin Dan Artinya

June 02, 2018
Bacaan Sujud Tilawah Lengkap Arab Latin Dan Artinya - Sujud tilawah adalah sujud yang di lekukan ketika seseorang menemukan ayat sajdah dalam al-quran pada saat membacanya atau saat mendengarkanya, baik itu dalam sholat maupun di luar sholat sedangkan hukum melakukan sujud tilawah adalah sunnah sebagaimana sabda nabi muhammad saw berikut ini.

عَنِ ابْنِ عُمَرَانْ النَّبِىَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَقْرَأُ عَلَيْنَا اْلقُرْاَنَ فَاءِذَامَرَّ بِالسَّجْدَةِ كَبَّرَ وَسَجَدَ وَسَجَدْ نَامَعَهُ
Artinya :"Dari Ibnu Umar, sesungguhnya Nabi Saw, pernah membaca Al Qur'an di depan kami, ketika beliau melalui (membaca) ayat sajdah beliau takbir, lalu sujud, dan kami pun sujud bersama-sama beliau" (H.R Tirmidzi)".
Bacaan Sujud Tilawah Lengkap Arab Latin Dan Artinya

Di dalam al-quran sendiri setidaknya ada 15 ayat sajdah dan apabila kalian menemukan ayat tersebut ketika membaca al-quran atau saat mendengarkan orang membaca ayat tersebut maka di sunnahkan untuk melakukan sujud tilawah supaya pahala yang kita dapatkan dari membaca/mendengar ayat-ayat al-quran di lipat gandakan oleh allah, namun semua itu kembali lagi pada pribadi masing masing karena hukum sujud tilawah adalah sunnah maka apabila kalian mengerjakan akan mendapatkan pahala namun jika tidak di kerjakan juga tidak apa-apa, dan berikut ini adalah 15 ayat sajdah dalam al-quran.

1. Surat Al-A'raf ayat :206

وَلَهُ يَسْجُدُوْنَ

2. Surat Ar-Ra'd ayat :15

بِا لْغُدُوِّ وَالآصَالِ

3. Surat An-Nahl ayat :50

وَيَفْعَلُوْنَ مَا يُؤْمَرُوْنَ

4. Surat Al Isra' ayat :109

وَيَزِ يْدُهُمْ خُشُوعًا

5. Surat Maryam ayat :58

خَرُّوْا سُجَّدًا وَبُكِيًّا

6. Surat Al-Hajj ayat :18

إِنَّ اللهَ يَفْعَلُ مَا يَشَاءُ

7. Surat Al-Hajj ayat :77

لَعَلَكُمْ تُفْلِحُونَ

8. Surat Al-Furqan ayat :60

وَزَادَهُمْ نُفُوْرًا

9. Surat An-Naml ayat :26

رَبُّالعَرْشِ العَضِيمِ

10. Surat As-Sajdah ayat :15

وَهُمْ لاَ يَسْتَكْبِرُوْنَ

11. Surat As-Shad ayat :24

وَخَرَّرَاكِعًا وَأَنَابَ

12. Surat Ha-Mim/Fushsilat ayat :38

وَهُمْا لاَ يَسْأَمُونَ

13. Surat An-Najm ayat :62

فَاسْجُدُوْ لِلهِ وَاعْبُدُوْا

14. Surat Al-Insyiqaq ayat :21

لاَ يَسْجُدُوْنَ

15. Surat Al-'Alaq ayat ke:19

وَاسْجُدْوَاقْتَرِبْ

Nah jika kalian sudah mengetahui ayat-ayat sajdah dalam al-quran dan ketika mendengar atau membaca ayat tersebut kalian ingin melakukan sujud tilawah berikut ini adalah niat dan doa sujud tilawah silahkan kalian lihat di bawah.

Lihat Juga: Bacaan Sujud Sahwi

Bacaan Sujud Tilawah Lengkap Arab Latin Dan Artinya


Niat Sujud Tilawah

نَوَيْتُ سُجُوْدَ التِّلاَ وَةَ سُنَّةً لِلهِ تَعَالَى , الله اَكْبَرْ

Nawaitu sujuda tilaawati sunatan lillahi ta'ala ,Allohu Akbar
Artinya:"Aku niat sujud tilawah sunnah karena allah ta'ala".
Doa Sujud Tilawah

سَجَدَ وَجْهِيَ لِلَّذِيْ خَلَقَهُ وَشَقَّ سَمْعَهُ وَبَصَرَهُ بِحَوْلِهِ وَقُوَّتِهِ، فَتَبَارَكَ اللهُ أَحْسَنُ الْخَالِقِيْنَ

Sajada wajhiya lilladzii kholaqohuu wa syaqqo sam’ahuu wa bashorohuu bihaulihii wa quwwatihii fatabaarokallahu ahsanul khooliqiin
Artinya : Wajahku bersujud kepada (Allah) Yang telah menciptakannya dan membuka pendengaran dan penglihatannya dengan daya dan kekuatan-Nya. Maha suci Allah sebaik-baik Pencipta. (Doa ini berdasarkan Hadits riwayat Ahmad, Abdu Daud dan Tirmidzi).
Tata Cara Sujud Tilawah

Sujud tilawah dapat di lakukan ketika sholat atau di luar sholat ketika membaca atau mendengar ayat sajdah adapun cara sujud tilawah di luar sholat sebagai berikut.

  1. Membaca niat, takbir dan mengangkat kedua tangan untuk melaksanakan sujud sebagaimana saat mengangkat tangan saat akan sujud tabiratul ikhram saat sholat.
  2. Lalu sujud tanpa mengangkat tangan saat turun hendak sujud.
  3. Sujud satukali dan membaca doa sujud tilawah.
  4. Lalu mengangkat kepala dari sujud dengan membaca takbir.
  5. Duduk tanpa membaca tahiat(tasyahud) dan di akhiri dengan mengucap salam.
Kalau sujud tilawah di lakukan saat sedang sholat karena membaca ayat al-quran yang mengandung ayat sajdah maka tata cara pelaksanaan sujud tilawah sedikit berbeda yakni tanpa di akhiri dengan salam adapun caranya sebagai berikut.
  1. Membaca niat dan mengucapkan takbir untuk sujud.
  2. Sujud dan membaca doa sujud tilawah.
  3. Mengucapkan takbir saat bangun dari sujud.
  4. Selesai sujud berdiri tegak dan meneruskan bacaan sholat kalau masih ada ayat yang hendak di baca, kalau tidak ada dapat langsung melanjutkan rukuk sholat.
Baiklah itu saja yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini semoga apa yang saya sampaikan di atas mengenai bacaan sujud tilawah dapat bermafaat namun saya mohon maaf apabila dalam penulisan terdapat kata yang kurang berkenan di hati kalian, terimakasih sudah berkunjung dan sampai jumpa di lain kesempatan.
Previous
Next Post »
0 Komentar