Bacaan Doa Niat Zakat Fitrah Lengkap Arab Latin Dan Artinya

June 04, 2018
Bacaan Doa Niat Zakat Fitrah Lengkap Arab Latin Dan Artinya - Zakat fitrah merupakan zakat yang di keluarkan oleh seseorang pada akhir bulan suci ramadhan, untuk menyempurnakan ibadah selama bulan suci ramadhan, zakat fitrah biasanya berupa bahan makanan pokok seperti beras,gandum,tepung, dll sedangkan waktu terbaik untuk mengeluarkan zakat fitrah adalah sebelum seholat idul fitri biasanya orang-orang akan ramai datang ke masjid untuk membayar zakat fitrah sehari sebelum hari raya/sebelum sholat idul fitri karena jika sesudah sholat idul fitri maka itu bukan termasuk zakat fitrah.


Bacaan Doa Niat Zakat Fitrah Lengkap Arab Latin Dan Artinya

Besarnya zakat fitrah yang di keluarkan oleh seseorang yaitu sebesar 1 sha atau sekitar 3,5 liter setara dengan 2,7 kg bahan makanan pokok namun di berikan keringanan apabila tidak memiliki banyak bahan makanan pokok dapat di gantikan dengan uang senilai harga bahan makanan pokok tersebut, zakat fitrah paling lambat di serahkan sebelum melaksanakan sholat idulfitri apabila di serahkan setelah sholat maka itu tidak terhitung sebagai zakat fitrah lagi melainkan sedekah biasa.

Setiap muslim di wajibkan untuk mengeluarkan zakat fitrah untuk dirinya sendiri, keluarganya dan orang lain yang menjadi tanggunganya (apabila sudah mampu) baik orang dewasa, anak kecil, laki-laki ataupun perempuan adapun syarat seseorang di wajibkan mengeluarkan zakat fitrah adalah sebagai berikut:
  • Indifidu yang mempunyai kelebihan makanan/harta dari keperluan yang ia tanggung.
  • Anak yang lahir sebelum matahari jatuh pada akhir bulan ramadhan dan hidup selepas terbenam matahari.
  • Memeluk islam sebelum matahari terbenam pada akhir bulan ramadhan dan tetap dalam islamnya.
  • Seseorang yang meninggal selepas matahari terbenam di akhir bulan ramadhan.
Dalam pelaksanaanya niat zakat fitrah sangat beragam yang artinya kita dapat meniatkan untuk diri kita sendiri dan untuk orang-orang yang di wakilkan kepada kita seperti keluarga, anak-anak, istri atau orang lain yang menjadi tanggungan maka dari itu niat zakatnya berbeda beda oleh sebab itu alangkah baiknya jika kalian memehami niat zakat fitrah yang ingin kalian keluarkan adapaun bacaan niat zakat fitrah tersebut seperti di bawah silahkan kalian lihat.

Bacaan Doa Niat Zakat Fitrah Lengkap Arab Latin Dan Artinya


Niat Zakat Fitrah Untuk Diri Sendiri


نَوَيْتُ اَنْ اُخْرِجَ زَكَاةَ الْفِطْرِ عَنْ نَفْسِىْ فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى

NAWAITU AN UKHRIJA ZAKAATAL FITHRI 'AN NAFSII FARDLOL LILLAAHI TA'AALAA
Artinya :"Sengaja saya mengeluarkan zakat fitrah pada diri saya sendiri, fardhu karena Allah Ta'ala".
Niat Zakat Fitrah Untuk Istri


نَوَيْتُ أَنْ أُخْرِجَ زَكَاةَ الْفِطْرِ عَنْ زَوْجَتِيْ فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى 

NAWAITU AN UKHRIJA ZAKAATAL FITHRI 'AN ZAUJATII FARDHOL LILLAATI TA'AALAA
Artinya :"Saya niat mengeluarkan zakat fitrah atas istri saya fardhu karena Allah Ta'ala".

Niat Zakat Fitrah Untuk Anak Laki-Laki


نَوَيْتُ أَنْ أُخْرِجَ زَكَاةَ الْفِطْرِ عَنْ وَلَدِيْ... فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى 

NAWAITU AN UKHRIJA ZAKAATAL FITHRI 'AN WALADII (Sebutkan Nama Anaknya) FARDHOL LILLAAHI TA'AALAA
Artinya :"Sengaja saya mengeluarkan zakat fitrah atas anak laki-laki saya (sebut namanya) Fardhu karena Allah Ta’ala".

Niat Zakat Fitrah Untuk Anak Perempuan


نَوَيْتُ أَنْ أُخْرِجَ زَكَاةَ الْفِطْرِ عَنْ بِنْتِيْ... فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى 

NAWAITU AN UKHRIJA ZAKAATAL FITHRI 'AN BINTII (Sebutkan Nama Anaknya) FARDHOL LILLAAHI TA'AALAA
Artinya :"Sengaja saya mengeluarkan zakat fitrah atas anak perempuan saya (sebut namanya), fardhu karena Allah Ta’ala."

Niat Zakat Fitrah Untuk Dirisendiri dan Keluarga


نَوَيْتُ أَنْ أُخْرِجَ زَكَاةَ الْفِطْرِ عَنِّىْ وَعَنْ جَمِيْعِ مَا يَلْزَمُنِىْ نَفَقَاتُهُمْ شَرْعًا فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى 

NAWAITU AN UKHRIJA ZAKAATAL FITHRI 'ANNII WA'AN JAMII'I MAA YALZAMUNII NAFAQOOTUHUM SYAR'AN FARDHOL LILLAAHI TA'AALAA
Artinya :"Saya niat mengeluarkan zakat atas diri saya dan atas sekalian yang saya diwajibkan memberi nafkah pada mereka secara syari’at, fardhu karena Allah Ta’aala".
Niat Zakat Fitrah Untuk Orang Yang Di Wakilkan


 نَوَيْتُ أَنْ أُخْرِجَ زَكَاةَ الْفِطْرِ عَنْ (…..) فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى 

NAWAITU AN UKHRIJA ZAKAATAL FITHRI 'AN (Sebutkan nama orangnya) FARDHOL LILLAAHI TA'AALAA
Artinya :"Niat saya mengeluarkan zakat fitrah atas…. (sebut nama orangnya), Fardhu karena Allah Ta’ala".
Baiklah itu saja yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini semoga ulasan saya di atas mengenai Niat Zakat Fitrah dapat bermanfaat namun saya mohon maaf apabila dalam penulisan terdapat kata yang kurang berkenan di hati kalian, terimakasih sudah berkunjung dan sampai jumpa di lain kesempatan.
Previous
Next Post »
0 Komentar