Tata Cara Mandi Junub Bagi Wanita Yang Baik Dan Benar

January 13, 2018
Tata Cara Mandi Junub Bagi Wanita Yang Baik Dan Benar - Assalamualaikum hai sobat berjumpa kembali dengan admin Doa Luhur di kesempatan ini saya akan membahas mengenai mandi junub/wajib bagi seorang wanita, seperti yang kita ketahui bersama jika wanita sudah baligh mereka akan mendapatkan siklus bulanan yang tetap (menstruasi), apabila seseorang wanita muslim selesai menstruasi di wajibkan untuk melakukan mendi junub nah untuk kalian para wanita muslimah yang belum mengetahui tata cara mandi junub yang baik dan benar bagi wanita silahkan lihat ulasan di bawah.

Tata Cara Mandi Junub Bagi Wanita Yang Baik Dan Benar

Tata cara mandi junub bagi wanita di bedakan antara mandi junub dan mandi setelah haid atau nifas, sedangkan tata cara mandi junub wanita tidak jauh berbeda dengan mandi junub laki-laki hanya saja untuk wanita di perbolehkan untuk menggelung rambutya seperti yang di sebutkan dalam sebuah hadist dari ummu salamah beliau bertanya kepada rasul:

“Wahai Rasulullah, aku seorang wanita yang gelungan rambutnya besar. Apakah aku harus membuka gelungan rambutku ketika mandi junub?”

Beliau menjawab: “Jangan (kamu buka). Cukuplah kamu menyela-nyelai kepalamu dengan air tiga kali, kemudian guyurlah kepala dan badanmu dengan air, sehingga kamu telah suci.” (HR. Muslim no. 330).

Dan ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha berkata: “Kami ( istri-istri Nabi) apabila salah seorang diantara kami junub, maka dia mengambil (air) dengan kedua telapak tangannya tiga kali lalu menyiramkannya di atas kepalanya, kemudian dia mengambil air dengan satu tangannya lalu menyiramkannya ke bagian tubuh kanan dan dengan tangannya yang lain ke bagian tubuh yang kiri,” (HR. Bukhari: 277 dan Abu Dawud: 253).

Tata Cara Mandi Junub Bagi Wanita Yang Baik Dan Benar


Nah dari beberapa hadist di atas dapat di simpulkan tata cara mandi junub wanita muslimah seperti berikut ini.
  • Niat (Menurut beberapa ulama niat terletak di dalam hati).
  • Mencuci tangan terlebih dahulu sebanyak 3 kali sebelum tangan tersebut di masukkan kedalam bejana atau sebelum mandi.
  • Membersihkan kemaluan dan kotoran yang ada dengan tangan kiri.
  • Mencuci tangan setelah membersihkan kemaluan dengan menggosokkan ke tanah,lantai atau dengan sabun.
  • Berwudhu dengan wudhu yang sempurna seperti hendak sholat.
  • Menyiramkan air ke atas kepala sebanyak 3 kali.
  • Menguyur air pada kepala sebanyak 3 kali sehingga sampai ke pangkal rambut atau kulit kepala dengan menggosok-gosokkanya dan menyela-nyelanya tidak di wajibkan kepada wanita untuk membuka ikatan rambutnya.
  • Mengguyur air ke seluruh badan di mulai dari sisi kanan setelah itu yang kiri.
Lihat Juga : Tata Cara Mandi Nifas

Baiklah temen-temen sampai di sini dulu pembahasan kali ini semoga bermanfaat namun saya mohon maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan kata baik di sengaja atau tidak dan kepada allah saya mohon ampun, terimakasih sudah berkunjung dan sampai jumpa di lain kesempatan.

Previous
Next Post »
0 Komentar