Bacaan Doa Niat Tayamum Dan Tata Cara Bertayamum Yang Benar

January 02, 2018
Doa Niat Tayamum Dan Tata Cara Bertayamum Yang Benar - Assalamualaikum hai teman-teman bertemu lagi dengan admin Doa Luhur di kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai niat tayamum dan tata cara bertayamum yang baik dan benar sesuai ajaran rasullulah, tayamum sendiri merupakan bersuci sebelum melaksanakan ibadah sholat di mana pada suatu daerah sangat sulit mendapatkan air bersih sehingga peran air untuk bersuci di gantikan dengan debu yang bersih nan suci jadi tayamum boleh di lakukan apabila memang sulit untuk mendapatkan air.

Bacaan Doa Niat Tayamum Dan Tata Cara Bertayamum Yang Benar

Sedangkan doa niat bertayamum dan cara pelaksanaanya berbeda dengan wudhu pada umumnya untuk kalian yang belum tahu atau masih belum paham silahkan lihat ulasan di bawah karena sudah saya bahas lengkap, selain karena susah mendapatkan air ada beberapa hal yang menyebabkan seseorang bertayamum yaitu orang yang sakit dan tidak boleh terkena air namun ia ingin melaksanakan sholat maka di anjurkan untuk bertayamum, kemudian orang yang sedang bepergian jauh, tayamum sendiri di syari'atkan dalam islam berdasarkan dalil Al-Quran Sunnah dan Ijma (Kesepakatan) kaum muslimin adapun dalil dari al-quran mengenai tayamum sebagai berikut.

وَإِنْ كُنْتُمْ مَرْضَى أَوْ عَلَى سَفَرٍ أَوْ جَاءَ أَحَدٌ مِنْكُمْ مِنَ الْغَائِطِ أَوْ لامَسْتُمُ النِّسَاءَ فَلَمْ تَجِدُوا مَاءً فَتَيَمَّمُوا صَعِيدًا طَيِّبًا فَامْسَحُوا بِوُجُوهِكُمْ وَأَيْدِيكُمْ مِنْهُ 

Artinya :"Dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air atau berhubungan badan dengan perempuan, lalu kamu tidak memperoleh air, maka bertayammumlah dengan permukaan bumi yang baik (bersih); sapulah mukamu dan tanganmu dengan tanah itu. (QS. Al Maa-idah : 6)."
Selain itu rasullulah juga pernah bersabda mengenai tayamum sebagai berikut.

وَجُعِلَتْ تُرْبَتُهَا لَنَا طَهُورًا إِذَا لَمْ نَجِدِ الْمَاءَ 

Artinya :"Dijadikan bagi kami (ummat Nabi Muhammad shollallahu ‘alaihi was sallam ) permukaan bumi sebagai thohur/sesuatu yang digunakan untuk besuci (tayammum) jika kami tidak menjumpai air. (HR. Muslim no. 522)."

Bacaan Doa Niat Tayamum Dan Tata Cara Bertayamum Yang Benar


Doa Niat Tayamum

نَوَيْتُ التَّيَمُّمَ لاِسْتِبَاحَةِ الصَّلاَةِ فَرْضً ِللهِ تَعَالَى

NAWAITUT TAYAMMUMA LISTIBAAHATIS SHALAATI FADHAL LILLAAHI TA'AALAA
Artinya:"Sengaja aku bertayamum untuk melaksanakan sholat fardhu karena allah ta'ala.
Syarat Dilakukanya Tayamum

  • Tidak ada air bersih sudah berusaha mencari namun tidak menemukan.
  •  Berhalangan menggunakan air, seperti sedang sakit dan di anjurkan untuk bertayamum.
  • Telah masuk waktu sholat.
  • Dengan tanah atau debu yang suci.
Tata Cara Bertayamum Yang Baik
  1. Memukulkan kedua telapak tangan ke permukaan bumi dengan sekali pukulan kemudian meniupnya.
  2. Kemudian menyapu punggung telapak tangan kanan dengan tangan kiri dan sebaliknya.
  3. Selanjutnya menyapu wajah dengan kedua telapak tangan.
  4. Semua usapan baik wajah dan tangan cukup di lakukan sekali saja.
  5. Bagian tangan yang diusap adalah bagian telapak tangan sampai pergelangan tangan saja atau dengan kata lain tidak sampai siku seperti pada saat wudhu.
  6. Tayammum dapat menghilangkan hadats besar semisal janabah, demikian juga untuk hadats kecil.
  7. Tidak wajibnya urut/tertib dalam tayammum.
Baiklah itu saja yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini semoga ulasan di atas dapat menambah wawasan kalian namun jika masih kurang jelas silahkan bertanya dengan guru ngaji atau ulama yang ada di tempat kalian dan saya mohon maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan kata dan kepada allah saya mohon ampun, terimakasih sudah berkunjung dan sampai jumpa di lain kesempatan.
Previous
Next Post »
0 Komentar