Bacaan Doa Iftitah Lengkap Bahasa Arab Latin Dan Artinya

December 01, 2017
Doa Iftitah Lengkap Bahasa Arab Latin Dan Artinya - Assalamu'alaikum hai sobat berjumpa lagi dengan admin Doa Luhur pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang doa iftitah lengkap dalam bahasa arab latin dan artinya, saat akan melaksanakan sholat baik itu sholat wajib atau sholat sunnah doa iftitah adalah salah satu doa yang wajib untuk di baca namun di masyarakat ada beberapa doa iftitah yang beredar, berdasarkan penelitian yang di lakukan oleh Syaikh Muhammad Nashiruddin Al Albani Rahimahulullah ada beberapa doa iftitah yang sahih jadi sebagai umat muslim sepatutnya kita tidak mempermasalahkan akan perbedaan doa iftitah ini.

Bacaan Doa Iftitah Lengkap Bahasa Arab Latin Dan Artinya

Di indonesia sendiri ada dua jenis doa iftitah yang sangat populer dan beredar luas doa ini di pisahkan akan sebagian golongan yaitu doa iftitah Nu dan Muhammadiyah padahal sepatutnya sesama umat muslim tidak membeda bedakan antar golongan atau bahkan memiliki selisih pendapat karena dapat menimbuklan perpecahan antara umat muslim jadi mengenai doa iftitah ini terserah pada pribadi masing masing ingin menggunakan yang mana karena keduanya sama sama baik di mata allah dan berikut ini adalah beberapa doa iftitah yang sering di pakai.

Bacaan Doa Iftitah Lengkap Bahasa Arab Latin Dan Artinya


Doa iftitah berikut ini adalah doa yang sering di gunakan untuk mereka umat muslim golongan Nu

اَللهُ أَكْبَرُ كَبِيْرًا وَالْحَمْدُ ِللهِ كَثِيْرًا وَسُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَأَصِيْلاً. إِنِّىْ وَجَّهْتُ وَجْهِيَ لِلَّذِيْ فَطَرَالسَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضَ حَنِيْفًا مُسْلِمًا وَمَا أَنَا مِنَ الْمُشْرِكِيْنَ. إِنَّ صَلاَتِيْ وَنُسُكِيْ وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِيْ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. لاَشَرِيْكَ لَهُ وَبِذلِكَ أُمِرْتُ وَأَنَا مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ.

Allaahu Akbaru kabiiraw-walhamdu lillaahi katsiiran, wa subhaanallaahi bukrataw-wa’ashiila. Innii wajjahtu wajhiya lilladzii fatharas-samaawaati wal ardha haniifam-muslimaw-wamaa anaa minal musyrikiina. Inna shalaatii wa nusukii wa mahyaaya wa mamaatii lillaahi Rabbil ‘aalamiina. Laa syariikalahu wa bidzaalika umirtu wa anaa minal muslimiina.
Artinya: "Allah Maha Besar Dengan Sebesar Besarnya Segala Puji Yang Sebanyak Banyaknya Bagi Allah Pada Pagi Dan Petang Hari. Aku Menghadapkan Wajahku Kepada Tuhan Yang Telah Menciptakan Langit Dan Bumi Dengan Segenap Kepatuhan Dan Kepasrahan Diri, Dan Aku Bukanlah Termasuk Orang-Orang Yang Menyekutukan-Nya Sesungguhnya Sholatku Ibadahku Hidup Dan Matiku Hanyalah Kepada Allah Tuhan Semesta Alam Yang Tiada Satupun Sekutu Bagi-Nya Dengan Semua Itulah Aku Di Perintahkan Dan Aku Adalah Termasuk Orang-Orang Yang Berserah Diri (Muslim)."
 Adapun doa iftitah lain yang di gunakan oleh golongan Muhammadiyah sebagai berikut ini.

اللَّهُمَّ باَعِدْ بَيْنِي وَبَيْنَ خَطَايَايَ كَمَا باَعَدْتَ بَيْنَ الْمَشْرِقِ وَالْمَغْرِبِ، اللَّهُمَّ نَقِّنِي مِنْ خَطَايَايَ كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الْأَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ، اللَّهُمَّ اغْسِلْنِي مِنْ خَطَايَايَ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ

ALLAHUMMA BAA’ID BAINII WA BAINA KHATHAAYAAYA KAMAA BAA’ADTA BAINAL MASYRIQI WAL MAGHRIB. ALLAHUMMA NAQQINII MINAL KHATHAAYAA KAMAA YUNAQQATS TSAUBUL ABYADHU MINAD DANAS. ALLAHUMMAGHSIL KHATHAAYAAYA BILMAA’I WATSTSALJI WAL BARAD.
Artinya: "Ya Allah, jauhkanlah antara aku dan kesalahan-kesalahanku sebagaimana Engkau jauhkan antara timur dan barat. Ya Allah, bersihkanlah aku dari kesalahan-kesalahanku sebagaimana dibersihkannya kain yang putih dari noda. Ya Allah, cucilah aku dari kesalahan-kesalahanku dengan air, hujan es, dan air dingin.” (HR. Al-Bukhari no. 744 dan Muslim no. 1353, dari Abu Hurairah z)"
 Nah itulah sobat beberapa doa iftitah yang sering di gunakan oleh umat muslim di indonesia namun sekali lagi admin menghimbau perbedaan ini jangan menjadi sebuah alasan perselisihan antara umat muslim karena itu dapat merusak persatuan dan memecah belah atara umat muslim jadi semua kembali kepada pribadi masing masing ingin menggunakan doa iftitah yang mana karena semoa doa di atas memiliki tujuan yang baik yang salah adalah orang yang tidak membaca doa hehehe.

Sampai di sini dulu pembahasan kali ini semoga ulasan yang admin berikan di atas dapat bermanfaat dan admin mohon maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan kata karena admin hanyalah manusia biasa yang tak luput dari salah dan dosa, kepada allah admin mohon ampun dan sampai berjumpa di lain kesempatan.
Previous
Next Post »
0 Komentar