Bacaan Doa Sebelum Dan Sesudah Membaca Al-Quran

March 01, 2018
Doa Sebelum Dan Sesudah Membaca Al-Quran - Assalamualaikum hai sobat Doaluhur.com berjumpa lagi, di kesempatan kali ini kami akan berbagi doa sebelum dan sesudah membaca al-quran lengkap dengan terjemah, al-quran merupakan kitab suci umat muslim yang sangat mulia dan agung oleh sebab itu sebelum membaca al-quran hendaknya kita bersuci terlebih dahulu baik itu dari hadats besar atau kecil selain itu juga di anjurkan untuk berdoa sebelum dan sesudah membaca al-quran.

Kitab suci al-quran termasuk ke dalam salah satu rukun iman yaitu iman kepada kitab-kitab allah selain itu membaca al-quran juga termasuk ke dalam ibadah walau hanya membaca satu ayat pendek pahala yang di dapat dari satu hurufnya di lipat gandakan menjadi sepuluh kebaikan hal tersebut berdasarkan sebuah hadist yang artinya sebagai berikut "Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu berkata: "Rasulullah Saw bersabda: "Siapa yang membaca satu huruf dari Al Qur'an maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan الم satu huruf akan tetapi Alif satu huruf, Laam satu huruf dan Miim satu huruf. (HR. Tirmidzi )"

Al-quran di turunkan oleh allah melalui nabi muhammad saw sebagai pedoma hidup manusia di muka bumi di dalam al-quran terkandung banyak sekali manfaat dan petunjuk bagi mereka yang ingin mendekatkan diri kepada allah ayat-ayat dalam al-quran tidak dapat di palsukan oleh sebab itu al-quran merupakan petunjuk pedoman hidup yang paten nah berikut ini adalah doa sebelum dan sesudah membaca al-quran yang di anjurkan silahkan kalian lihat di bawah.

Lihat Juga: 99 Asmaul Husna

Bacaan Doa Sebelum Dan Sesudah Membaca Al-Quran


Doa Sebelum Membaca Al-Quran

Bacaan Doa Sebelum Dan Sesudah Membaca Al-Quran


اَللّٰهُمَّ افْتَحْ عَلَىَّ حِكْمَتَكَ وَانْشُرْ عَلَىَّ رَحْمَتَكَ وَذَكِّرْنِىْ مَانَسِيْتُ يَاذَاالْجَلاَلِ وَاْلاِكْرَامِ


Allohummaftah 'alayya hikmataka wansyur 'alayya rohmataka wa dzakkirnii maanasiitu yaa dzal jalaali wal ikhroomi
Artinya :"Ya Allah bukakanlah hikmahMu padaku, bentangkanlah rahmatMu padaku dan ingatkanlah aku terhadap apa yang aku lupa, wahai dzat yang memiliki keagungan dan kemuliaan."
Doa Sesudah Membaca Al-Quran

Bacaan Doa Sebelum Dan Sesudah Membaca Al-Quran


اَللّٰهُمَّ ارْحَمْنِىْ بِالْقُرْآنِ. وَاجْعَلْهُ لِىْ اِمَامًا وَنُوْرًا وَّهُدًى وَّرَحْمَةً. اَللّٰهُمَّ ذَكِّرْنِىْ مِنْهُ مَانَسِيْتُ وَعَلِّمْنِىْ مِنْهُ مَاجَهِلْتُ. وَارْزُقْنِىْ تِلاَ وَتَهُ آنَآءَ اللَّيْلِ وَاَطْرَافَ النَّهَارٍ. وَاجْعَلْهُ لِىْ حُجَّةً يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ


Allahummarhamnii bil qur'aani. waj'alhu lii imaaman wa nuuran wa hudan wa rohman. Allahumma dzakkirnii minhu maa nasiitu wa'allimnii minhu maa jahiltu. wazuqnii tilaa watahu aanaa-al laili wa athroofan nahaari. waj'alhu lii hujjatan yaa robbal 'aalamiina.
Artinya :"Ya Allah, rahmatilah aku dengan Al-Qur'an yang agung, jadikanlah ia bagiku cahaya petunjuk rahmat. Ya Allah, ingatkanlah apa yang telah aku lupa dan ajarkan kepadaku apa yang tidak aku ketahui darinya, anugerahkanlah padaku kesempatan membacanya pada sebagian malam dan siang, jadikanlah ia hujjah yang kuat bagiku, wahai Tuhan seru sekalian alam."
Baiklah sampai di sini dulu pembahasan pada kesempatan kali ini semoga apa yang kami sampaikan di atas menganai doa sebelum dan sesudah membaca al-quran dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian namun apabila terdapat kesalahan dalam penulisan kata kami mohon maaf yang sebesar besarnya dan kepada allah kami mohon ampun, terimakasih sudah meluangkan waktunya untuk membaca artikel di situs doa luhur sampai jumpa di lain kesempatan wasalamualaikum wr-wb.
Previous
Next Post »
0 Komentar