Bacaan Doa Ketika Memasuki Pasar Lengkap Arab Latin Dan Artinya

March 28, 2018
Doa Ketika Masuk Pasar- Assalamualaikum hai sobat Doaluhur.com pada kesempatan kali ini kami akan berbagi sebuah doa yang dapat kalian amalkan ketika berada di pasar baik itu pasar tradisional maupun pasar moderen, setiap orang tentunya pernah datang ke pasar atau pusat perbelanjaan karena pasar merupakan salah satu aspek penunjang kehidupan yang sangat penting di dalam pasar kita dapat membeli barang yang di butuhkan dan tentu saja kita akan berinteraksi dengan para pedagang yang ada di pasar hingga proses jual beli terjadi.
Bacaan Doa Ketika Memasuki Pasar Lengkap Arab Latin Dan Artinya

Dalam ajaran agama islam di sunnahkan untuk membaca doa sebelum memasuki pasar atau pusat perbelanjaan moderen seperti yang sudah di ajarkan oleh rasullulah karena dalam pasar rawan akan kebatilan/keburukan semisal pedagang yang tidak jujur, menipu, menjual pesanan orang lain, mengurangi timbangan dan masih banyak lagi oleh sebab itu terdapat sebuah hadis mengenai hal tersebut seperti berikut:
“Tempat yang paling baik adalah masjid. Sedangkan tempat yang paling buruk adalah pasar”. (HR Ibnu Hibban no 1599)"
Mengapa demikian karena dalam sebuah pasar setan bisa dengan mudah menghasut manusia untuk berbuat curang/tidak jujur karena aktifitas dalam sebuah pasar cenderung berisi hal hal keduniawian maka orang sering lupa akan allah mereka asik dalam urusan dunia sehingga lupa akan allah oleh sebab itu banyak sekali hal-buruk yang melekat dalam sebuah pasar.

Oleh sebab itu sebagai pembeli kita harus cermat dalam membeli suatu barang dan berdoa terlebih dahulu sebelum memasuki pasar agar allah selalu memberikan perlindungan dari segala hal negativ yang ada di pasar dan untuk para penjual berdoalah kepada allah memohon rezeki yang berkah dan cukup untuk memenuhi kebutuhan selain itu supaya allah mempermudah dalam urusan perdagangan nah berikut ini merupakan doa yang di ajarkan oleh rasullulah sebelum memasuki pasar silahkan kalian lihat di bawah.


Bacaan Doa Ketika Memasuki Pasar Lengkap Arab Latin Dan Artinya


 لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ المُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ يُحْيِيْ وَيُمِيْتُ وَهُوَ حَيٌّ لاَ يَمُوْتُ، بِيَدِهِ الْخَيْرُ، وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ 

Laa ilaaha illallaahu wahdahu laa syariikalahu, lahul mulku walahul hamdu, yuhyii, wayumiitu, wahuwa Hayyun laa yamuutu, biyadihil khairu, wahuwa ‘alaa kulli syai-in qodiir 
Artinya: "Tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Allah semata, tiada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya kerajaan, bagi-Nya segala pujian. Dia-lah Yang Menghidupkan dan Yang Mematikan. Dia-lah Yang Hidup, tidak akan mati. Di tangan-Nya kebaikan. Dia-lah Yang Maha Kuasa atas segala sesuatu."
Doa masuk pasar yang kami bagikan di atas merupakan doa yang shahih sesuai sunnah Rasulullah SAW. Dari Umar bin al-Khathab radhiyallahu 'anhu, Rasulullah SAW bersabda sebagai berikut :

مَنْ دَخَلَ السُّوقَ فَقَالَ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ يُحْيِي وَيُمِيتُ وَهُوَ حَيٌّ لَا يَمُوتُ بِيَدِهِ الْخَيْرُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ كَتَبَ اللَّهُ لَهُ أَلْفَ أَلْفِ حَسَنَةٍ وَمَحَا عَنْهُ أَلْفَ أَلْفِ سَيِّئَةٍ وَرَفَعَ لَهُ أَلْفَ أَلْفِ دَرَجَةٍ
Artinya:“Barangsiapa masuk pasar lalu ia mengucapkan, “Tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Allah semata, tiada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya kerajaan, bagi-Nya segala pujian. Dia-lah Yang Menghidupkan dan Yang Mematikan. Dia-lah Yang Hidup, tidak akan mati. Di tangan-Nya kebaikan. Dia-lah Yang Maha Kuasa atas segala sesuatu,” niscaya Allah menuliskan baginya sejuta kebaikan dan menghapuskan darinya sejuta kejelekan serta mengangkat derajatnya hingga sejuta derajat”." ( HR. At-Tirmidzi no. 3350, Ibnu Majah no. 2226, Al-Hakim no. 1930. ) 
Namun dalam sebuah riwayat lain menyebutkan bahwa rasullulah membaca doa masuk pasar seperti berikut ini:

باسْمِ اللَّهِ اللَّهُمَّ إنِّي أسألُكَ خَيْرَ هَذِهِ السُّوقِ وَخَيْرَ ما فِيها وأعُوذُ بِكَ مِنْ شَرّها وَشَرّ مَا فِيهَا اللَّهُمَّ إنِّي أعُوذُ بِكَ أنْ أُصِيبَ فِيْهَا يَمِيْناً فاجِرَةً أوْ صَفْقَةً خَاسِرَةً

Bismillâh allâhumma innî as-aluka khaira hâdzihi-s-sûqi wa khaira mâ fîhâ wa a‘ûdzubika min syarrihâ wa syarri mâ fîhâ. Allâhumma innî a‘ûdzubika an ushîba fîhâ yamînan fâjiratan au shafqatan khâsiratan
Artinya : Dengan nama Allah, ya Allah, aku memohon kebaikan dari pasar ini dan kebaikan dari apa yang ada di dalamnya. Aku berlindung dari keburukan pasar ini dan keburukan apa yang ada di dalamnya. Ya Allah, aku berlindung dari sumpah palsu dan transaksi yang merugikan.
Kedua doa yang kami bagikan di atas memiliki keutaman yang sama baik jadi jangan bingung dan terlalu mempermasalahkan hal tersebut silahkan kalian pilih saja doa mana yang ingin di amalkan nah semoga ulasan yang kami sampaikan dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian namun kami mohon maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan kata karena kami hanyalah manusia biasa yang tak luput dari salah dan dosa, terimakasih sudah berkunjung sampai jumpa di lain kesempatan wasalamualaikum wr-wb.
Previous
Next Post »
0 Komentar