Bacaan Doa Mencukur Rambut Bayi Yang Baru Lahir

January 05, 2018
Doa Mencukur Rambut Bayi Yang Baru Lahir - Assalamualaikum hai temen-temen bertemu kembali dengan admin Doa Luhur di kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai doa saat mencukur rambut bayi yang baru lahir atau mencukur rambut bayi saat aqiqah seperti yang kita ketehui bersama bahwa mencukur atau memotong rambut bayi yang baru lahir merupakan sunnah biasanya pemotongan rambut ini di lakukan pada hari ke 7 setelah kelahiran bayi proses pemotongan rambut ini biasanya di lakukan saat proses Aqiqah seperti yang di riwayatkan oleh Ad-Dhabbi RA bahwasanya rasullulah saw bersabda :

مَعَ الْغُلاَمِ عَقِيْقَةٌ فَأَهْرِيْقُوْا عَنْهُ دَمًا وَأَمِيْطُوْا عَنْهُ اْلأَذَى
Artinya:""Setiap anak ada aqiqahnya, sembelihlah aqiqah untuknya dan buang kotoran darinya" (HR. Bukhari : 5471)."
Sedangkan dalam riwayat lain dari Samurah R.A rasullulah bersabda yang artinya:
 "Setiap anak tergadai dengan aqiqahnya, disembelih di hari ketujuh, diberi nama, dan dicukur kepalanya" (HR. Nasai 4149, Abu Daud 2837, Turmudzi 1522, dan dishahihkan Al-Albani)."
Sedangkan Ibnu Abdil Bar mengatakan sebagai berikut:

الحلق معنى أميطوا عنه الأذى
 Artinya:"Makna "buang kotoran dari bayi" adalah mencukur rambutnya. (Al-Istidzkar, 5/315)."
Hadits dari Ali bin Abi Thalib radhiyallahu ‘anhu, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengakikahi Hasan dengan kambing, dan beliau menyuruh Fatimah "Cukur rambutnya, dan bersedekahlah dengan perak seberat rambut itu". Fatimah pun menimbang rambut itu, dan ternyata beratnya sekitar satu dirham atau kurang dari satu dirham. (HR. Tirmidzi 1519, Ibnu Abi Syaibah dalam Mushanaf 24234, dishahihkan al-Hakim dalam Mustadrak 7589 dan didiamkan azd-Dzahabi).

Bacaan Doa Mencukur Rambut Bayi Yang Baru Lahir

Bacaan Doa Mencukur Rambut Bayi Yang Baru Lahir 


Doa Mencukur Rambut Bayi

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيمِ. الْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ. اللّٰهُمَّ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَنُوْرُ الشَّمْسِ وَالْقَمَرِ ، اللّٰهُمَّ سِرُّ الله نُوْرُ النُّبُوَّةِ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ. وَالْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ.

Biasanya saat mencukur rambut di tutup dengan meniup ubun ubun adapun doanya sebagai berikut:

اللّٰهُمَّ إِنِّى أُعِيْذُهَا وَذُرِيَّاتَهَا بِكَ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْم

Nah untuk umat muslim memotong rambut bayi tepat 7 hari setelah kelahiran dan di lakukan prosesi aqiqah memang di sunnahkan dan apabila kalian mempu secara ekonomi untuk melaksanakan prosesi aqiah sebaiknya di lakukan namun jika tidak mampu tidak di lakukan juga tidak apa, cukup dengan mendoakan dan memotong rambutnya setelah 7 hari kelahiran kemudian berikan nama yang baik.

Semoga ulasan yang saya bagikan di atas mengenai doa mencukur rambut bayi baru lahir dapat menambah wawasan kalian namun jika terdapat kesalahan dalam penulisan kata baik sengaja maupun tidak admin mohon maaf yang sebesar besarnya dan kepada allah saya mohon ampun, terimakasih sudah berkunjung dan sampai jumpa di lain kesempatan wasalamualaikum wr-wb.
Previous
Next Post »
0 Komentar